BACA DAN NIKMATI, SEMOGA BERMANFAAT ******************************* JAGA DAN SAYANGI BUMI KITA

Wednesday, 2 May 2012

ANGGOTA TUBUH DAN KEGUNAANNYA



MENGENAL ANGGOTA TUBUH MANUSIA
DAN MENGETAHUI KEGUNAANNYA
SERTA MENGETAHUI CARA PERAWATANNYA
Oleh : Achmad Abdul Azis, S. Pd.

Banyak sekali mahluk hidup yang hidup di palanet bumi ini. Di mulai dari mahluk hidup yang hanya memiliki satu sel saja (uniseluler) hingga mahluk hidup yang memiliki banyak sel (multiseluler). Tumbuhan dan hewan adalah mahluk hidup yang banyak mendominasi planet kita ini. Akan tetapi puncak dari segala puncak rantai makanan adalah diri kita (manusia).
Walupun manusia dan hewan termasuk kedalam kingdom (kerajaan) animalia (hewan), akan tetapi manusia memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh hewan manapun di dunia ini yaitu kecerdasan (akal dan pikiran).
A.    PENDAHULUAN
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Manusia secara biologis termasuk kedalam kelas vertebrata (mahluk hidup bertulang belakang), golongan primata dengan nama latin Homo sapien. Manusia merupakan sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi yaitu dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan. Manusia memiliki peradaban dan mengenal tulisan, oleh karena itu manusia mengenal rumah dan pakaian. Dengan kata lain manusia mampu merawat diri dan menjaga diri serta bersosialisasi.
Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir adalah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita. Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/i, dewasa, dan (orang) tua.
Selain itu masih banyak penggolongan-penggolongan yang lainnya, berdasarkan ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, mata; bentuk hidung; tinggi badan), afiliasi sosio-politik-agama, hubungan kekerabatan (keluarga: keluarga dekat, keluarga jauh, keluarga tiri, keluarga angkat, keluarga asuh; teman; musuh) dan lain sebagainya.
Manusia adalah salah satu contoh organisme. Organisme merupakan puncak tertinggi dari organisasi kehidupan. Organisasi kehidupan tersusun atas sel-sel, Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Ukuran sangat kecil sehingga untuk melihat harus dibantu dengan mikroskop. Manusia dewasa kurang lebih memiliki 100.000.000.000 sel yang saling berkaitan. Kemudian sel yang memiliki karakteristik yang sama bergabung membentuk jaringan. Jaringan tersebut meliputi jaringan epitel, jaringan saraf, otot, konektif dan sebagainya. Jaringan kemudian menyusun organ, organ-organ yang berbeda-beda bergabung  untuk melakukan  fungsi tertentu membentuk sistem organ. Kumpulan sistem organ yang saling berhubungan dan bekerja sama akan membentuk suatu organisme atau makhluk hidup.
Tubuh manusia merupakan organisme yang terbentuk dari berbagai sistem yaitu sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pengeluaran, sistem pernafasan, sistem koordinasi, dan sistem reproduksi. Kesemua penyusun organisasi kehidupan saling terkoordinasi dan terhubung dengan sangat baik, sehingga bila ada salah satu anggota tubuh mengalami masalah maka akan mempengaruhi semua anggota tubuh yang lainnya.
Anggota tubuh atau organ tubuh manusia sangat banyak sekali dari yang kelihatan dari luar hingga yang berada tersembunyi di dalam tubuh. Untuk memelajari tentang tubuh manusia digunakan ilmu anotomi manusia. Anatomi manusia atau antropotomi ialah sebuah bidang khusus dalam anatomi yang mempelajari struktur tubuh manusia. Anatomi (berasal dari bahasa Yunani aνatοpia anatomia, yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan anatomi tumbuhan atau fitotomi. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah anatomi perbandingan, histologi, dan anatomi manusia. Anatomi memiliki pembendaharaan kata internasional. Istilah anatomis mempunyai arti yang tepat dan digunakan dalam kedokteran dan biologi.
Dilihat dari sudut kegunaan, bagian paling penting dari anatomi khusus adalah yang mempelajari tentang manusia dengan berbagai macam pendekatan yang berbeda. Dari sudut medis, anatomi terdiri dari berbagai pengetahuan tentang bentuk, letak, ukuran, dan hubungan berbagai struktur dari tubuh manusia sehat sehingga sering disebut sebagai anatomi deskriptif atau topografis. Kerumitan tubuh manusia menyebabkan hanya ada sedikit ahli anatomi manusia profesional yang benar-benar menguasai bidang ilmu ini; sebagian besar memiliki spesialisasi di bagian tertentu seperti otak atau bagian dalam.
Kebanyakan masyarakat kita belum mengenal semua organ atau alat tubuh yang sebenarnya menyusun anggota tubuhnya. Dengan mengenal anatomi tubuh manusia masyarakat dapat hidup dengan sehat, mengerti kegunaan dan struktur dari alat tubuh manusia serta mengetahui perawatannya.
B.     ANGGOTA TUBUH MANUSIA
Tubuh manusia, seperti tubuh hewan, terdiri atas sistem, yang terdiri atas organ-organ, yang terdiri atas jaringan, yang terdiri atas sel. Secara garis besar anggota tubuh manusi dibagi dua yaitu anggota tubuh luar dan anggota tubuh dalam. Angota tubuh luar adalah anggota tubuh yang bisa dilihat dari luar sedangkan anggota tubuh dalam adalah anggota tubuh yang terletak di dalam tubuh (tersembunyi dalam tubuh).
1.      Anggota tubuh luar
Anggota tubuh luar manusia lebih mudah dipelajari karena kita dapat melihatnya dengan jelas. Beberapa profesi, khususnya kedokteran dan fisioterapi, memerlukan studi anatomi manusia secara mendalam. Buku teks biasanya membagi tubuh bagian luar ke dalam kelompok berikut ini :
a.       Kepala dan Leher termasuk segala sesuatu di atas dada
b.      Alat gerak atas termasuk tangan, lengan bawah, lengan atas, bahu, dan ketiak.
c.       Dada dan perut
d.      Bagian belakang sekitar tulang belakang dan komponen-komponennya
e.       Panggul atau pinggang
f.       Alat gerak bawah biasanya segala sesuatu di bawah ligamen inguinal, termasuk paha, persendian tulang paha, kaki, dan telapak kaki.
2.      Anggota tubuh dalam
Anggota tubuh dalam manusia adalah organ dalam manusia yang tertutup organ lainnya. Anggota tubuh ini tertutup oleh anggota tubuh lain dikarenakan organ ini sangat sensitif, penting dan rentan dan rapuh terhadap tekanan dan goncangan. Anggota tubuh dalam agak susah untuk dipelajari karena untuk melihatnya harys dilakukan pembedahan. Organ-organ tersebut antara lain adalah :
a.       Otak
b.      Jantung
c.       Paru-paru
d.      Lambung
e.       Hati dan empedu
f.       Pangkreas
g.      usus
h.      Ginjal
i.        Ginjal
C.    CIRI KARAKTERISTIK DAN KEGUNAAN ANGGOTA TUBUH MANUSIA DAN CARA PERAWATANNYA
1.      Anggota tubuh luar
a.       Kepala dan Leher
Kepala dan leher manusia merupakan anggota tubuh manusia yang terletak dibagian paling atas. Anggota tubuh ini merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karana di organ inilah terdapat pusat pikiran dan pengendalian semua snggota tubuh manusia.
Berikut akan dijelaskan lebih detail mengenai kepala dan leher termasuk semua anggota tubuh manusia yang terletak di atas dada :
1)      Kepala
Ciri karakteristik :
Kepala manusia memiliki bentuk yang berbeda, ada yang berbentuk bulat, oval, persegi, lonjong dan bulat telur. Bentuk kepala manusia dipengaruhi faktor genetis, yaitu sifat yang diturunkan dari orang tua. Kepala manusia banyak ditumbuhi rambut, yang berfungsi untuk melindungi kepala dari sengatan matahari dan menjadi daya tarik bagi beberapa orang.
Warna rambut manusia sangat beraneka ragam, antara lain hitam, coklat, putih dan pirang, kebanyakan berwarna hitam. Selain warna, rambut juga mempuyai jenis-jenis yang berbeda antara lain rambut lurus, gelombang dan keritng. Warna rambut dan jenis rambut biasanya dimiliki secara spesifik oleh ras manusia tertentu, misalkan rambut kriting  dimiliki oleh manusia dari ras negro.
Pada bagian depan kepala manusia terdapat wajah. Wajah manusia terdiri dari dahi, pipi dam janggut. Selain itu juga terdapat terdapat mata, hidung dan mulut. Di samping kanan-kiri kepala manusia terdapat telinga yang berjumlah satu pasang. Berikut akan dibahas lebih lanjut menenai beberapa organ yang terdapat pada kepala manisia :
a)      Mata
Mata merupakan jendela dunia, dengan adanya mata kita bisa melihat benda-benda yang indah. Mata adalah salah satu indra manusia yamg sensitif terhadab rangsang berupa cahaya. Manusia memiliki dua buah mata yang semuanya menghadap kedepan, berbeda dengan hewan lainnya yang mempunyai mata yang menghadab kesamping kanan dan kiri.
Di atas mata terdapat alis yang terdiri dari rambut halus. Fungsi alis yaitu untuk menjaga mata dari tetesan air (termasuk air kringat) yang dapat menyebabkan iritasi mata. Selain alis, mata juga dilindungi oleh bulu mata yang sangat sensititif terhadap terhadap padatan kecil yang terbang di udara (misal debu) serta kelopak mata yang selalu berkedip. Kelopak mata yang berkedip bertujuan untuk menjaga mata dari sentuhan benda asing dan menjaga kelembapan mata agar tidak kering.
Mata manusia berbentuk bulat agak lonjong kedalam. Bagian paling luar dari mata adalah kornea iris, pupil dan lensa. Kornea merupakan lapisan paling luar. Kornea mata berfungsi untuk menerima dan meneruskan cahaya yang datang dan melindungi lensa mata dari kotoran. Kornea mata dapat didonorkan kepada manusia yang mengalami kebutaan oleh sebab tertentu. Iris adalah selaput di depan lensa mata, mempentuk suatu celah lingkaran. Iris menentukan warna mata, biasanya mata dapat berwarna hitam, coklat dan biru. Pupil merupakan celah yang dihasilkan iris, celah ini dapat membesar dan mengecil tergantung pada banyak sedikitnya cahaya (semakin banyak cahaya pupil mengecil dan sebaliknya). Lensa mata manusia terletak di belakang pupil, berbentuk cembung, berfunsi untuk mengatur pembiasan sehingga terbentuk bayangan dari benda. Iris, pupil dan lensa membentuk bulatan di tengah mata.
Mata dapat bergerak kekanan-kiri dan atas-bawah. Gerak ini dibantu oleh otot mata. Gerakan kedua mata biasanya singkron (sama), akan tetapi ada juga mata yang geraknya tidak singkron, hal tersebut dikarenakan kerja otot mata yang tidak sama, kelainan ini dinamakan juling.
Kelainan mata dapat disebabkan karena kekurangan vitamin A. Selain julimg mata juga dapat mengalami rabun, antara lain rabun dekat (hipermetropy = tidak bisa melihat dekat), rabun jauh (miopy  = tidak bisa melihat jauh) serta mata tua (presbiopy = tidak bisa melihat jauh dan dekat).
b)      Hidung
Hidung merupakan salah satu indra manusia yang sensitif terhadab rangsang berupa zat kimia (bau). Selain sebagai indra pencium hidung juga digunakan dalam proses pernafasan (respirasi).
Manusia memiliki satu buah hidung. Hidung terletak di tengah-tengah wajah, berbentuk menonjol kedepan. Hidung memiliki dua buah lubang yang begfungsi untuk keluar masuknya udara, yang terhubung dengan paru-paru. Di dalam hidung terdapat bulu hidung yang berfungsi untuk menyaring udara sebelum masuk keparu-paru. Selain bulu hidung di dalm hidung juga terdapat syaraf-syaraf penciuman.
Udara yang masuk kedalam hidung mengalami beberapa proses antara lain : penyaringan dan penghangatan. Bila ada benda asing masuk kedalam hidung, maka akan terjadi bersin. Dengan bersin kotoran yang akan masuk akan terdorong keluar karena tekanan udara keluar waktu terjadi bersin.
c)      Mulut
Mulut manusia berjumlah satu buah, letaknya di bawah hidung. Fungsi mulut yaitu untuk proses pencernaan (tempat pertama kali makanan masuk kedalam tubuh). Dari luar yang terlihat hanyalah bibir atas dan bawah. Akan tetapi kalau dilihat dari dalam maka terlihat beberapat bagian tubuh lain, antara lain lidah dan gigi.
Lidah manusia berbentuk pipih dan lonjong, letaknya di rongga mulut bagian bawah. Lidah merupakan salah satu indra yang dimiliki manusia yang sensitif terhadab rangsang berupa zat kimia dalam bentuk cair. Lidah manusia dapat digerakkan ini di karenakan terdapat otot-otot yang menyusun lidah. Lidah selain sebagai indra pengecap juga berfungsi untuk membantu mengatur makanan dalam mulut sehingga makanan lebih mudah digigit oleh gigi serta membantu dalam proses bicara.
Gigi manusia terdapat dirahang atas dan rahang bawah. Pada manusia dewasa gigi berjumlah 32 buah. Fungsi utama dari gigi adalah untuk menggigit, memotong, merobek dam mengunyah makanan. Gigi memiliki beberapa jenis antara lain gigi seri, taring dan graham.
·         Gigi seri, berbentuk seperti kampak, berfungsi untuk menggigit dan memotong makanan. Pada manusia dewasa berjumlah empat pasang.
·         Gigi taring, berbentuk seperti tombak yang lancip, berfungsi untuk merobek makanan. Pada manusia dewasa berjumlah dua pasang.
·         Gigi graham, berbentuk lonjong bulat yang permukaan atasnya bergrigi. Fungsi gigi graham adalah untuk mengunyah. Pada manusia dewasa berjumlah lima pasang, yamg terdiri dari dua pasang graham depan dan tiga pasang graham belakang.
d)     Telinga
Telinga merupakan alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa gelombang suara. Telinga manusia mampu mendengar suara dengan frekuensi antara 20-20.000 Hz. Selain sebagai alat pendengaran, telinga juga berfungsi menjaga keseimbangan tubuh manusia.
Telinga manusia dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam.
·         Bagian luar
Telinga bagian luar terdiri atas: Daun telinga, berfungsi untuk menampung getaran. Saluran telinga luar atau lubang telinga, berfungsi menyalurkan getaran. Kelenjar minyak, berfungsi menyaring udara yang masuk sebagai pembawa gelombang suara. Membran timpani atau selaput gendang, berfungsi menerima dan memperbesar getaran suara.
·         Bagian tengah
Telinga bagian tengah terletak di sebelah dalam membran timpani. Fungsi dari telinga bagian tengah adalah untuk meneruskan getaran dari suara telinga bagian luar ke telinga bagian dalam. Pada telinga tengah terdapat saluran Eustachius dan tiga tulang pendengaran. Saluran Eustachius, berfungsi untuk mengurangi tekanan udara di telinga tengah sehingga tekanan udara di luar dan di dalam akan sama. Keseimbangan tekanan ini akan menjaga gendang telinga supaya tidak rusak. Saluran ini akan tertutup dalam keadaan biasa, dan akan terbuka jika kita menelan sesuatu. Tulang pendengaran, berfungsi untuk mengantarkan dan memperbesar getaran ke telinga bagian dalam.
Tulang pendengaran ada tiga, yaitu tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Tulangtulang ini menghubungkan gendang telinga dan tingkap jorong.
·         Bagian dalam
Telinga bagian dalam berfungsi mengantarkan getaran suara ke pusat pendengaran oleh urat saraf. Penyusun telinga bagian dalam adalah sebagai berikut. Tingkap jorong, berfungsi menerima dan menyampaikan getaran. Rumah siput, berfungsi menerima, memperbesar, dan menyampaikan getaran suara ke saraf pendengaran. Di dalam saluran rumah sifut terdapat cairan limfe dan terdapat ujung-ujung saraf pendengaran. Tiga saluran setengah lingkaran, berfungsi sebagai alat untuk mengetahui posisi tubuh dan menjaga keseimbangan.
2)      Leher
Leher manusia merupakan pemisah antara kepala dan badan. Leher dapat menggerakan kepala ke kanan-kiri dan depan-belakang. Di bagian tubuh ini terdapat banyak sekali pembuluh darah dan syaraf. Selain itu di dalam leher juga terdapat dua saluran yaitu saluran pencernaan (kerongkongan) dan saluran pernafasan (tenggorokan).
Perawatan :
1)      Kepala keseluruhan
Kepala manusia adalah salah satu anggota tubuh yang paling penting karena di dalam kepala terdapat pusat dari segala organ manusia yaitu otak. Oleh karena itu, kepala harus dilindungi dari benturan dan goncangan. Usahakan memakai alat pengaman kepala (helm) dalam pekerjaan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan kerja serta pada saat mengendarai kendaraan bermotor roda dua.
2)      Rambut
Rambut adalah mahkota bagi manusia oleh karena itu harus di rawat dan di jaga dengan baik. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala agar tetap sehat Untuk merawat ranbut agar sehat dan indah yaitu dengan cara mencuci rambut (kramas) secara teratur. Disamping itu disarankan untuk tidak sering megecat rambut dan meluruskan (meribonding) atau menkritingkan rambut. Bila harus mengecat, meluruskan atau mengkriting rambut usahakan di sala yang menggunakan bahan-bahan yang tidak merusak rambut. Di rambut kepala kadang-kadang terdapat parasit berupa serangga kecil yang disebut kutu ranbut (tumo dalam bahasa jawa). Parasit ini menghisap darah pada kulit kepala. Cara mengatasinya dapat menggunakan  dua cara  yaitu dengan mencukur habis rambut dan menggunakan shampo anti kutu rambut untuk berkramas.
3)      Wajah
Wajah manusia memiliki kulit yang berbeda dengan kulit bagian tubuh yang lain, lapisannya lebih tipis sehingga lebih sensitif terhadap pengaruh dari luar. Agar wajah sehat dan tidak terkena jerawat, wajah harus dijaga kebersihannya. Untuk menjaga kebersihannya,  wajah secara teratur harus dicuci dan pada saat terdapat kotoran di wajah. Di sarankan dalam mencuci muka/wajah tidak menggunakan sabun badan melainkan menggunakan sabun kusus muka. Hal tersebut dikarenakan sabun badan cenderung bersifat basa pada hal seharusnya untuk mencuci muka sebaiknya menggunakan sabun yang bersifat netral. Dalam penggunaan kosmetik jangan menggunakan yang mengandung zat kimia berbahaya. Pilih kosmetik yang cocok sesuai jenis kulit wajah, baca komposisi dan lihat apakah terdapat ijin dari DEPKES  dan BPPOM.
4)      Mata
Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat rentan dan sensitif terhadap pengaruh dari luar. Untuk merawat agar mata tetap sehat perbanyaklah memakan makanan yang banyak mengandung vitamin A, misalnya wotel. Mata yang kekurangan vitamin A menyebabkan mata mengalami rabun senja/rabun ayam (pandangan buram pada saat cahaya sangat sedikit biasanya terjadi pada sore hari). Selain itu mata juga dapat mengalami rabun jauh dapat diatasi menggunakan kaca mata lensa cekung, rabun dekat di atasi menggunakan kaca mata lensa cembung dan mata tua dapat di atasi menggunakan kaca mata lensa rangkap. Kelainan mata tersebut disebabkan karena gaya hidup yang salah, misalkan membaca sambil tiduran, membaca dan nonton TV terlalu dekat, membaca pada cahaya yang redup dan lain sebagainya.
Mata juga dapat mengalami infeksi akibat dari bakteri, debu atau serangga kecil yang masuk kedalam mata. Hal tersebut dapat diatasi dengan mencuci mata menggunakan air sampai bersih hingga  serangga dan debu keluar setelah itu teteskan obat mata secukupnya. Yang tidak kalah penting pada saat melakukan aktifitas (kerja) yang kiranya dapat membahayakan mata (misalkan tukang las) disarankan menggunakan alat pelindung mata, biasanya alat tersebut berupa kaca mata yang dirancang khusus sesuai dengan aktifitas/pekerjaan. Pada intinya jauhkan mata terhadap sentuhan langsung benda-benda yang berbahaya. Bila mata mengalami penurunan fungsi, segera hubungi dokter.
5)      Hidung
Hidung merupakan gerbang pertama kali masuknya udara (oksigen) untuk proses pernafasan (respirasi). Oleh karena itu sangat penting menjaga hidung agar tetap berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk membantu agar fungsi hidung dapat berfungsi dengan baik (tidak mengalami gangguan) adalah dengan menggunakan masker pada tempat yang udaranya sudah tercemar oleh asap maupun bahan kimia. Penggunaan masker bertujuan untuk menyaring udara sebelum masuk kelubang hidung dan kemudian masuk keparu-paru.
Hilangkan kebiasaan mencabut bulu hidung sampai habis, karena bulu hidung berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk keparu-paru. Selain hal tersebut diatas jangan coba-coba memasukkan benda apabun kedalam lubang hidung. Dan cara perawatan hidung yang terakhir adalah menjaga hidung dari benturan benda keras, karena bagian atas dari hidung terdapat tulang rawan yang sangat rentan terhadap benturan benda keras selain itu benturan tersebut dapat mengakibatkan mimisan (keluarnya darah dari hidung).
6)      Mulut

7)      Telinga
8)      leher
b.      Alat gerak atas termasuk tangan, lengan bawah, lengan atas, bahu, dan ketiak.
c.       Dada dan perut
d.      Bagian belakang sekitar tulang belakang dan komponen-komponennya
e.       Panggul atau pinggang
f.       Alat gerak bawah biasanya segala sesuatu di bawah ligamen inguinal, termasuk paha, persendian tulang paha, kaki, dan telapak kaki.

No comments:

Post a Comment