PROSES BELAJAR BIOLOGI
PROSES
BELAJAR BIOLOGI
1. Menunjukkan pemahaman konsep, fakta,
metodologi, istilah, dan cara mempresentasikan data saintifik dengan cara:
- Menjelaskan suatu istilah saintifik dengan tepat
- Menggambar
suatu diagram
- Mengurutkan
suatu peristiwa saintifik
- Mengukur
suatu material
- Menyebutkan
suatu istilah saintifik
2. Mengaplikasikan dan menggunakan
fakta, konsep, metodologi, istilah saintifik untuk berkomunikasi secara
efektif, metodologi yang sesuai untuk mempresentasikan informasi saintifik
dengan cara:
- Memberikan keterangan singkat pada suatu diagram atau grafik
- Mengapliksikan teori, persamaan dan prinsip-prinsip dasar pada situasi
yang baru
- Menggunakan tehnik matematika untuk menjawab suatu pertanyaan
- Membandingkan persamaan dan perbedaan dari suatu benda atau keadaan
- Memberikan
informasi secara detail
- Menjelaskan
perbedaan antara dua atau lebih benda atau keadaan
- Menaksir
suatu nilai yang tidak diketahui berdasarkan informasi yang diberikan dan
latar belakang teori
- Memberi
jawaban berdasarkan berbagai macam pilihan situasi atau keadaan
- Menjelaskan
secara singkat
3. Menyusun, menganalisa, dan
mengevaluasi hipotesa, metodologi, dan penjelasan saintifik dengan cara:
- Menginterpretasikan
data untuk mencapai suatu kesimpulan
- Membuat
suatu grafik
- Membuat suatu kesimpulan berdasarkan informasi yang diberikan
- Memanipulasi persamaan matematika untuk menghasilkan persamaan yang
baru
- Membuat
rencana eksperimen atau model saintifik
- Menentukan
jawaban yang benar
- Memberikan
argument atau alternative hipotesa
- Menganalisa implikasi dan kekurangan suatu eksperimen
- Memberi penjelasan secara detail, yang termasuk sebab akibat dan
mekanisme suatu kondisi
- Memprediksi
hasil suatu eksperimen
- Menjawab
pertanyaan dengan menggunakan tehnik aljabar dan angka
- Menawarkan suatu hipotesa atau kemungkinan lain
4. Kolaborasi: dapat bekerja sama dengan orang lain
- Menghargai
pendapat kawan
- Dapat
memberi petunjuk bila diperlukan
- Mengemukakan
pendapat dengan sopan
- Sabar
- Mau
menerima perbedaan pendapat
Ditambah
dengan:
- Mendiskusikan
dan menganalisis data dari
jurnal penelitian atau informasi lainnya mengenai isu-isu global yang
berhubungan dengan biologi
- Mengkomunikasikan hasil penelitian atau proyek.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Strategi
pembelajaran Biologi di SMP/SMA
didasarkan pada pengembangan konsep-konsep dasar di bawah ini, yaitu:
A.
Pembelajaran yang menyeluruh
- Implikasi
dari konsep “Pembelajaran yang menyeluruh” adalah para guru sains
diharapkan untuk:
- Dapat
bekerja sama dengan sesama guru, baik di bidang sains maupun dari bidang
lainnya
- Memberikan
kesempatan mengintegrasikan topik yang diajarkan dalam segala cabang sains
dengan mata pelajaran lainnya
- Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menghargai kontribusi yang
telah diberikan oleh sains terhadap kehidupan dan kualitas hidup manusia
B. Kesadaran
interkultural
- Sains
memberikan kontribusi dalam pengembangan kesadaran interkultural dengan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi isu-isu
sains, baik lokal maupun global.
- Dengan
memberi kesempatan peserta didik untuk mengekplorasi topik-topik secara
kritis, melalui perspektif global dan multikultural, diharapkan dapat
menumbuhkan rasa toleransi, saling menghormati, dan empati.
- Selain
itu, peserta didik juga mendapatkan kesempatan untuk merefleksikan peran
dan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan mereka dan dunia.
C.
Komunikasi
- Sains
memfokuskan kepada pentingnya pengembangan kemampuan untuk memahami dan
mengkomunikasikan pemikiran-pemikiran saintifik secara efektif.
- Untuk
mengembangkan kemampuan berkomunikasi, peserta didik harus diberikan
kesempatan untuk membaca, menulis, dan mendiskusikan masalah-masalah yang
berhubungan dengan sains.
kendala apa yang anda rasakan saat melaksanakan metode tersebut? terkait minimnya sarpras yang ada?
BalasHapusok mas bro....
BalasHapusketerbatasan sarana prasarana memang pasti mempengaruhi proses pembelajaran, akan tetapi jika kita sikapi dengan sikap kreatif bisa jadi menambah nilai positif untuk siswa maupun pengajar, misal kita membuat alat2 praktikum dr barang2 sederhsna sehingga berfungsi sama dengan alat yg sebenarnya...maaf kalo jawabanya kurang...