POLA MAKAN SEHAT UNTUK MENJAGA KESEHATAN AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT


POLA MAKAN SEHAT UNTUK MENJAGA KESEHATAN
AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT


Sekitar 60-70% dan bobot tubuh manusia adalah air. Air diperlukan oleh hampir semua fungsi tubuh, antara lain sebagai media pengantar nutrisi ke seluruh tubuh, menjaga keseimbangan enzim di dalam tubuh, dan membersihkan sisa makanan serta toksin dan dalam tubuh. Karena itu air sangat vital bagi tubuh manusia.
Setiap hari tubuh kita mengeluarkan sejumlah besar air melalui C02, air seni, tinja, dan keringat. Supaya keseimbangan kadar air selalu terjaga, air yang terbuang harus selalu diganti dengan yang baru. Minum 8 gelas air putih sehari saja tidak cukup, karena air tidak mengandung nutrisi. Agar metabolisme seimbang dan penyerapan nutrisi juga optimal, tubuh memerlukan lebih banyak makanan yang mengandung elemen pembentuk sifat basa.
Buah-buahan dan sayuran segar merupakan satu-satunya kelompok makanan yang sekaligus memiliki kadar air tinggi, nutrisi, dan pembentuk sifat basa. Oleh sebab itu, porsi sayuran dan buah-buahan segar sebaiknya menempati persentase 60—70% dan seluruh menu satu han. Sedangkan yang 30—40% dibagi untuk protein, zat pati, dan lemak, menurut proporsi yang sesuai dengan kebutuhan alamiah tubuh. Dengan komposisi demikian, keseimbangan asambasa di dalam tubuh akan selalu terjaga.\



Asupan buah-buahan dan sayuran segar juga meringankan pencernaan. Fungsi pencernaan sangat bergantung pada efektivitas enzim pencernaan. Karena itu tubuh memerlukan pasokan enzim yang teratur agar dapat mencerna makanan. Setiap makanan sebetulnya sudah memiliki enzim dan co-factor (vitamin dan mineral yang berhubungan dengan enzim) yang fungsinya untuk menguraikan molekul-molekulnya sendiri. Perubahan makanan dan mentah sampai matang dan kemudian menjadi busuk merupakan bagian dan aktivitas enzim di dalam makanan. Sayangnya, enzim sangat peka pada temperatur di atas 42°C, sehingga memasak dengan panas tinggi bisa menyebabkan enzim makanan mati.
Makanan tanpa enzim diperlakukan tubuh sebagai musuh. Untuk menghadapi musuh. tubuh akan membentuk pertahanan berupa pasukan sel darah putih. Namun sel-sel ini bisa berbalik merusak sistem pertahanan itu sendiri apabila pembentukannya melebihi batas normal (kondisi leukositosis). Oleh sebab itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang serba dimasak, terutama dengan pemanasan bertekanan tinggi (pressure-cooked) dan makanan olahan industri, dapat menimbulkan risiko leukositosis.
Makanan tanpa enzim dengan sendirinya memaksa tubuh untuk lebih banyak menggunakan enzimnya sendiri. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tanpa enzim akan memaksa organ-organ pembuat enzim bekerja lebih keras supaya makanan bisa dicerna. Beban tugas berlebihan ml menimbulkan kelelahan dan pembengkakan pada organ-organ tersebut, terutama pankreas. Dengan memperbanyak asupan buah dan sayuran, kita tidak hanya menghemat enzim dan energi, tetapi juga terhindar dan risiko leukositosis dan pembengkakan organ-organ pencernaan.

Mengkonsumsi Buah-buahan
Buah disebut makanan pembentuk basa karena setelah dimetabolisasi di dalam tubuh meninggalkan abu mineral logam (Jihat him. 25: Asam Basa Tubuh Seimbang). Kandungan protein serta lemak pada buah juga kecil sekali sehingga kalorinya boleh diabaikan. Banyak yang masih tidak yakin bahwa buah-buahan sebaiknya dikonsumsi di pagi hari atau pada saat perut kosong, karena khawatir sakit perut. Namun pada Kombinasi Makanan Serasi sudah banyak terbukti bahwasanya buah-buahan tidak pernah menimbulkan masalah jika cara mengkonsumsinya benar, yaitu:
Dicuci bersih
Selain untuk menghilangkan kotoran, juga untuk mengurangi efek pestisida. Cara mencuci, Pedoman Belanja Kombinasi Makanan Serasi. Kalau ada, pilih buah yang dibudidayakan secara organik (tidak dirawat dengan zat-zat kimia).

Tidak mentah, tidak busuk, tidak berjamur, dan tidak memar
Buah yang matang tidak memerlukan tahap awal pencernaan karena sudah dilakukan oleh enzimnya sendiri. Dengan kata lain, buah tidak dicerna di lambung. Enzim buah menguraikan ikatan hidrat arangnya sendiri menjadi bentuk zat gula yang lebih sederhana. Makan buah matang juga mengurangi beban pencernaan. menghemat energi, dan bahkan tubuh bisa memperoleh dikonsumsi dan pohon tentulah yang dan proses penyimpanan buah yang dapat menurunkan efektivitas enzim energi lebih cepat. Buah yang langsung paling baik karena perjalanan panjang sering menggunakan pengawet kimia dan juga kualitas gizinya.

Tidak dikonsumsi bersama makanan lain atau segera sesudah makanan lain
Secara alamiah buah sudah me- ngandung kombinasi unsur gula dan asam dosis tinggi (asam as-korbat/vitamin C). Gula tidak Se- rasi dengan makanan tinggi pa- ti, juga protein dan lemak (‘that Bab 4: Kombinasi Makanan SeraSi dan Tidak Serasi). Selain itu buah berada di lambung hanya sekitar 20-30 menit. Sedangkan pati, protein, dan lemak harus dicerna dan memerlukan waktu lebih dan 2 jam. Selain itu asam dosis tinggi juga menurunkan efektivitas enzim pengurai pati maupun protein.


Makan buah harus perlahan dan sedikit demi sedikit
Semakin tinggi kandungan airnya, semakin cepat buah meninggalkan lam- bung. Jika dikonsumsi sekaligus banyak, besar kemungkinan sebagian dan buah tidak sempat bensentuhan dengan asam lambung. Buah hanus dikonsumsi sedikit-sedikit dan perlahan-lahan sampai terasa pas mengisi perut. Berhenti lah makan kalau sudah merasa cukup kenyang agar lambung dapat bekerja dengan leluasa. Cara makan buah seperti ini tidak akan membuat perut sakit dan lekas lapar sampai 1 atau 2 jam. Melahap buah sekaligus banyak dapat menyebabkan sakit kepala dan nasa mual akibat tekanan gula darah melonjak secara mendadak.
Kandungan senat dan air pada buah juga berfungsi membersihkan kotoran dan dalam saluran usus besar. Kebersihan usus besar merupakan faktor penting yang menunjang kesehatan, termasuk menjaga berat badan ideal.
Buah memiliki kandungan tinggi elemen gas karbon yang dipenlukan setiap manusia hidup. Karbon berfungsi sebagai tungku pembakaran sisa-sisa yang berasal dart sistem pencernaan, alinan darah, organ bagian dalam, janingan kulit sampai seluruh sd tubuh. Kanena siklus pembuangan alamiah tubuh manusia lebih intensif pada pagi han, buah merupakan makanan serasi untuk menu sarapan pagi.
Mengganti kebiasaan sanapan nasi goreng atau noti isi selai dengan sarapan buah saja memang tidak mudah. Kebanyakan onang sudah menghantui benaknya sendiri dengan pikiran takut nanti lemas kelaparan. Padahal coba kita banding- kan nilai kalori antara sarapan biasa dengan sarapan buah segar.
Sebanyak 300 gram aneka buah segar yang terdiri dan pepaya, apel, dan nanas nilainya kira-kira sama dengan 125 kaloni. Untuk nilai kalori yang sama tetapi berupa nasi dan telur dadar, kita hanya akan memperoleh 3 sendok ma- kan nasi dan sebutir telur yang masing-masing beratnya hanya 50 gram saja. Tentu saja ini tidak mengenyangkan, bahkan nasi dan telur bukan kombinasi yang serasi, terlebib bila porsinya banyak dan sama besar. Kombinasi nasi dan telun dapat memperlambat proses pencernaan di lambung sampai 6—8 jam, tergantung porsi makanannya. Proses ini dengan sendininya akan menghabiskan energi tubuh, menyebabkan makanan tidak tercerna sempurna, dan meninggalkan lapisan nesidu yang akan menyumbat sistem tubuh.
Siklus pembuangan baru disebut efisien bila tidak hanya sisa kotonan yang terbuang, tetapi juga semua toksin yang menumpuk dan tensebar di seluruh bagian tubuh. Pola buang air yang teratur bukan jaminan sikius pembuangan Anda sudah efisien, jikalau tubuh Anda masih tetap gemuk, sening sakit kepala, atau kulit tetap suram.

Sayur-sayuran
Komposisi zat gizi dan struktur sayuran sangat berbeda dengan buah, walaupun keduanya sama-sama pembentuk sifat basa. Kandungan zat gula dan asam pada buah cukup tinggi, sedangkan pada sayuran sangat rendah. Karena itu sayuran dapat dikombinasikan dengan protein ataupun pati, sedangkan buah tidak.
Serat sayuran umumnya lebih keras dan padat daripada serat buah, sehingga sayuran agak lebih lama dicerna daripada buah. Perbedaan-perbedaan tersebut membuat kombinasi sayur dan buah agak sulit untuk dicerna bersamaan, terutama bagi mereka yang pencernaannya sensitif.
Sayuran dipercaya sebagai makanan bergizi dan vital bagi kesehatan dan vitalitas manusia (terutama yang masih segar dan bebas polusi). Seperti halnya buah, sayuran segar disebut makanan pembentuk sifat basa karena pH-nya mendekati basa.
Sebagian besar sayuran kaya dengan hidrat arang utuh, serat, vitamin, dan mineral. Semua jenis sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam atau brokoli dan sayuran yang berwarna merah, jingga, atau kuning, seperti cabe, wortel atau labu merah, kaya dengan betakaroten (zat pembentuk vitamin A di dalam tubuh).
Zat hijau daun atau klorofil pada sayuran hijau berfungsi sama seperti hemoglobin pada darah manusia. Jika pada darah yang berperan adalah zat besi, pada kiorofil adalah magnesium. Hampir semua sayuran mengandung kadar magnesium yang cukup tinggi. Hingga kini asal muasal terbentuknya kiorofil di antara struktur tumbuh-tumbuhan diyakini sebagai hasil sintesa sinar matahari terhadap tumbuh-tumbuhan, meski sebenarnya masih merupakan misteri alam. Kiorofil berkhasiat meremajakan dan menyegarkan tubuh manusia, menyembuhkan luka pada selaput lendir usus, serta membantu membrsihkan sistem tubuh, terutama organ hati.
Beberapa jenis vitamin dan mineral pada sayuran mudah rusak atau hilang pada saat dimasak atau dicuci. Sayuran sebaiknya dicuci sebelum dipotongpotong dan jangan dimasak sampai layu. Sayuran sekarang banyak yang secara langsung ataupun tidak langsung terkontaminasi oleh zat-zat kimia dan pupuk, air, maupun udara. Zat beracun ini umumnya tertinggal di sekitar kulit atau permukaan sayur, padahal vitamin dan mineralnya justru banyak terdapat di bawah permukaan kulit. Untuk mengurangi efek polusi tanpa mengurangi manfaatnya, sebaiknya sayuran dibersihkan dan dipersiapkan dengan cara yang cermat sebelum diolah dan dimakan.

Dengan Kombinasi Makanan Serasi, Anda tidak perlu merisaukan urusan berat badan. Bilamana metabolisme Anda bekerja lancar dan normal, tubuh Anda sendiri yang akan mengatur berat badan ideal untuic Anda. Di saat terjadi penurunan berat badan, kulit tidak menjadi keriput dan kendur karena jaringan Iculit dan otot tetap memperoleh gizi. Kemudian tubuh Anda sendiri yang akan mengatur icelebihan lemak dalam tubuh. Sebagian lemak ditahan di jaringan hati untuk cadangan energi, sebagian lagi dimanfaatkan untuk menguatkan jaringan otot, dan sisanya dikeluarkan bersama sisa-sisa toksin dan dalam tubuh. Setelah menerapkan Kombinasi Makanan Serasi selama satu bulan, bisa saja terjadi ukuran lingkar pinggang dan pinggul berkurang sampai Iebih dan 4 cm, tetapi berat badan tetap atau hanya turun sedikit. Andaikata pola makan ini bisa menurunkan ukuran baju 40 menjadi 36 dalam waktu dua sampai tiga bulan tanpa efek samping, apakah Anda masih peduli dengan angka pada timbangan berat badan? Mana yang lebih penting bagi Anda, tubuh langsing segar atau angka timbangan yang menurun? Buat apa berat badan berkurang kalau kulit Anda malah menjadi kering dan keriput? Bukankah tujuan Anda berdiet karena ingin memperbaiki seluruh penampilan, yaitu lebih sehat, lebih langsing, dan awet muda?
Tubuh sehat pasti langsing, dan langsing tidak sama dengan kurus. Tubuh yang disebut langsing adalah tubuh yang tampak ramping dengan otot yang kencang. Otot bersifat berat dan padat, sedangkan lemak bersifat ringan tetapi menggelembung tidak beraturan. Karena itu lemak tidak memberi bentuk pada tubuh, malah sebaliknya cenderung menggantung membentuk lipatan-lipatan.
Diet yang baik tidak hanya mampu membuang kelebihan lemak, tetapi juga membentuk lemak menjadi otot. Pada penurunan berat badan yang sehat, pengurangan tidak akan Iangsung terjadi pada berat badan, tetapi pada lingkar pinggang dan perut lebih dulu. Oleh sebab itu, berhasil-tidaknya penurunan berat tidak bisa mengandalkan angka timbangan saja. Jika pakaian yang terakhir kali Anda rasakan sempit mulai enak dipakai kembali, atau pantalon Anda mulai agak kedodoran, berarti tubuh Anda sudah mulai memasuki proses penurunan berat.
Anda kini sudah mengerti, bahwa untuk memperoleh tubuh sehat, langsing, dan awet muda tidak bisa cuma dengan mengurangi atau membatasi makanan. Anda pun tidak perlu sampai mengambil jalan pintas melalui operasi atau obat-obat pelangsing. Tubuh manusia hanya memerlukan pola makan yang masuk akal, olah tubuh, udara segar, sinar matahari, dan semangat yang selalu positif.
Jika sebagian orang sudah bicara soal pola makan sehat akan ada sebagian lagi yang berkomentar: “Untuk apa sih menyiksa din? Hidup kan hanya sekali!” Sebenarnya tanpa disadari mereka sendiri yang justru sedang menyiksa din dengan pola hidup yang menusak. Hidup yang hanya sekali pasti lebih baik kalau tidak diiringi gangguan sakit kepala, keluhan nyeni lambung atau flu, dan sebagainya. Kesehatan yang Anda sia-siakan di masa muda, kelak akan Anda bayar mahal sekali di han tua. Tentunya Anda tidak berharap menghabiskan hani tua dengan keluar masuk rumah sakit atau duduk di atas kunsi roda. Tenusmenerus bensembunyi di balik tubuh yang gemuk juga bukan hal yang menyenangkan. Apakah Anda harus menunggu sampai terpaksa mengikuti diet yang hamban dan senba dibatasi kanena kesehatan Anda bermasalah, banu Anda menyesali kelalaian Anda di masa lalu?
Kenikmatan hidup adalah jika setiap detik kehidupan Anda bisa bermakna, tidak saja bagi dini sendini, tetapi juga bagi orang-orang di sekeliling Anda. Hidup tenasa lebih menyenangkan jika Anda selalu merasa sehat, bugar, dan semakin produktif. Apalagi jika bisa panjang umun dengan jasmani dan nohani yang sehat.
Batas usia manusia memang takdin Tuhan, namun penyakit dan kelebihan berat badan merupakan akibat dan perilaku manusia sendiri.

Mulailah dengan Sikap Positif
Pusatkan pikiran dan perilaku positif terhadap din Anda pada saat ini dan tujuan apa yang ingin Anda capai melalui prognam ini,  Anda harus benarbenan yakin bahwa Anda memang mampu melakukannya. Jika Anda ragu, godaannya akan tenasa semakin besar. Tidak sedikit orang gemuk atau penyakitan yang suka menutupi masalahnya dengan berusaha menghibur dirinya sendiri dengan ungkapan seperti: “Ah, tubuh saya memang benbakat gemuk. Orangtua saya ketununan keluarga gemuk. Saudara-saudara saya nata-rata juga gemuk. Minum air seteguk saja berat badan sudah naik,” atau “Ah, orang seusia saya wajar saja kalau gemuk,’ atau “Ah, cuma flu. Saya biasa kena flu dan tidak apa-apa. Minum obat sebentan pasti langsung sembuh’. Ungkapan-ungkapan sepenti itu sebenannya merupakan penilaian negatif terhadap diri-sendiri, yakni kurang menghargai diri-sendiri.
Jangan pernah membandingkan kekurangan Anda dengan kelebihan orang lain. Setiap orang dilahirkan dengan gen yang berbeda-beda. Manusia adalah makhluk unik dan individual. Walaupun Anda mirip dengan ayah atau ibu Anda, kalau diperhatikan dengan sungguh-sungguh pasti akan tetap ada bedanya. Bahkan kembar identik pun tetap memiliki perbedaan satu sama lain. Jika Anda memang berupaya untuk langsing dan sehat. lakukanlah demi kebaikan Anda sendiri, bukan untuk orang lain atau ingin seperti orang lain. Anda harus belajar mencintai din sendiri dan mempercayai din sendiri. Anda tidak akan mungkin bisa mencintai dan mempercayai orang lain dengan tulus, jika hati Anda sendiri masih merasa tidak bahagia dan tidak puas.
Setiap pagi sediakanlah 5 menit saja, terutama sehabis berolahraga, untuk meditasi atau berdoa. Pilih tempat yang sejuk dan tenang, duduk dengan posisi nyamari, pejamkan mata, dan pusatkan pikiran ke dalam din Anda sendiri. Bernapaslah dengan tenang dan teratur. Pada saat menarik napas bawalah nama Tuhan ke dalam hati Anda, sambil mengingat segala kebaikan dan kemurahanNya, dan ucapkanlah rasa syukur untuk semua itu. Pada saat membuang napas, keluarkan bersamanya pikiran-pikiran negatif yang selama ini mengganggu Anda. Membuang pikiran negatif biasanya lebih sulit daripada saat memasukkannya. Namun, membiarkannya terus melekat dalam benak Anda sama saja dengan menyiksa din sendiri. Anda harus ingat bahwa dalam hal ini yang dirugikan adalah din Anda sendiri, bukan orang yang Anda pikirkan. Ada ungkapan orang bijak yang patut kita renungkan: “Hati manusia bak sebuah ladang. Di sana bisa kita tanami rasa iba dan takut, juga rasa benci dan kasih sayang. Benih apa yang akan kita tanamkan dan sirami di sana?”

Mengubah Pola Makan
Cepat atau lambatnya proses penurunan berat badan pada setiap orang sangat individual. Jika tujuan Anda hanya mngin memperoleh penurunan berat badan secara cepat, lupakanlah! Mungkin cara lain akan lebih memuaskan hati Anda.
Tujuan utama menerapkan Kombinasi Makanan Serasi bukan pada penurunan berat badan, melainkan perbaikan sistem dan kondisi tubuh secara me- nyeluruh. Anda tidak perlu menargetkan berapa banyak bobot yang harus turun dalam sebulan. Penurunan berat badan hanyalah efek samping dan program ini,  Biarkan tubuh Anda sendiri yang bekerja untuk Anda, karena penurunan berat badan akan berlangsung dengan sendirinya apabila tubuh Anda menganggapnya perlu.
Tugas Anda hanya menjaga pola makan dan gaya hidup yang selalu positif. Apabila Anda mencari cara melangsingkan tubuh yang aman bahkan menjadi sehat dan bugar selamanya, Kombinasi Makanan Serasilah solusinya.
Orientasi pola makan ini memang berpusat pada fungsi pencernaan karena pada dasarnya hampir semua penyakit degeneratif (menurunnya fungsi jaringan tubuh akibat penyakit berisiko kematian) berawal dan terganggunya fungsi pencernaan. Penyakit jantung, gagal ginjal, pembengkakan hati dan pankreas, diabetes, serta kanker bukan penyakit keturunan seperti anggapan orang selama ini,  Bentuk fisik atau gen bisa diturunkan, misalnya mata sipit, hidung mancung, atau rambut keriting. Sedangkan penyakit degeneratif hanya bisa terjadi akibat pola hidup tidak sehat dalam keluarga. Orangtua yang mengalami obesitas umumnya akan mewariskan pola makan yang sama kepada anak-anaknya. Jika anak-anaknya kelak juga menderita obesitas, berarti bukan obesitasnya yang diturunkan tetapi pola makannya.
Sakit lambung (populer dengan istilah panas dalam) sering kita abaikan dei. ngan cara minum obat tanpa konsultasi dokter karena dianggap gangguan kecil. Banyak orang yang tidak menyadari jika gangguan tersebut bisa merupakan gejala-gejala paling dini dan suatu penyakit yang berisiko kematian di kemudian han. Sadarkah Anda bagaimana belakangan ini promosi obat-obat panas dalam, nyeri lambung, sakit kepala, dan flu semakin gencar diiklankan di mana-mana? Bukankah itu suatu indikasi betapa tingginya jumlah penderita sakit lambung dan flu di tengah masyarakat kita sekarang mi? Meskipun sakitnya belum parah, mencegah itu lebih murah ongkosnya daripada mengobati. Kalau kesehatan sudah bermasalah, bukan hanya isi kantung Anda saja yang terkuras, tetapi juga tubuh dan pikiran Anda.
Hampir semua literatur ilmu kedokteran modern berisi referensi tentang masalah pembusukan makanan dan pembentukan toksin di dalam pencernaan yang menyebabkan gangguan pencernaan. Semua dokter tentu sudah terlalu sering mendengar keluhan sakit lambung atau perut kembung dan pasienpasien. Tetapi banyak yang masih berkukuh dengan pendapat bahwa sakit lam- bung disebabkan karena menurunnya fungsi pencernaan atau infeksi bakteri, bukan karena pola makan si pasien.
Rasa nyeri di sekitar pencernaan, pundak, atau kepala sering Anda abaikan, karena dianggap gangguan biasa atau Anda terlalu sibuk sehingga tidak waspada. Anda kira obat maag atau obat sakit kepala dapat menyelesaikan masalah.
Gejala yang diredam oleh efek obat-obat tersebut dianggap sebagai tanda kesembuhan. Padahal Anda sebenarnya sudah tahu jika pemakaian obat-obatan dalam jangka panjang, yang ringan sekalipun, akan membebani fungsi hati dan menyebabkan kuman penyakit semakin kebal. Jika pola hidup Anda tetap buruk, gejala penyakit dapat muncul kembli setiap saat daya tahan tubuh menurun. Semakin kebal kumannya, maka kambuhnya penyakit bisa lebih berat daripada sebelumnya.

Mengurangi Beban Kerja Pencernaan
§  Minum air putih hangat pada saat bangun tidur. Campur dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon untuk melancarkan pencernaan. Lakukan olabraga ringan secara teratur, misalnya senam pernapasan. jalan kaki, atau lompat tali.
§  Lebih baik makan 3 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil, daripada 1 kali dalam porsi berlebihan. Pertimbangkan keterbatasan daya tampung lambung.
§  Biasakan makan pagi walaupun cuma sepotong buah atau segelas jus buah segar. Sarapan lengkap 4 Sehat 5 Sempurna tidak serasi dengan siklus tubuh di pagi ban. Terlalu banyak makan makanan padat akan menguras ha- bis energi tubuh, yang mengakibatkan tubuh cepat lesu dan mengantuk sepanjang pagi.
§  Jangan menahan lapar hanya karena bukan saat jam makan. Makanlah cemiIan bergizi berupa buah-buahan segar.
§  Jangan banyak minum sembari makan. Sebaiknya minum segelas jus sayur segar 15 menit sebelum makan dan air putih 1 jam sesudah makan.
§  Jangan mencampur buah-buahan dengan protein ataupun zat pati. Jangan menyantap buah sehabis makan. Dan jangan lupa mencuci buah bersih-bersih sebelum disantap.
§  Jangan makan sambil berdiri dan tergesa-gesa. Makan harus duduk dengan tenang, makanan dikunyah sempurna dan dinikmati dengan rasa syukur. Selesai makan biasakan tunggu sejenak sebelum berdiri meninggalkan meja makan.
§  Jangan makan makanan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Tern- peratur yang terlalu berbeda dengan temperatur normal tubuh akan menurunkan fungsi enzim pencernaan.
§  Teh biasa atau kopi sebaiknya diminum bersama makanan. Jika dirninum dalam keadaan perut kosong atau sesudah makanan lain dapat mengganggu fungsi pencernaan. Batasi konsumsi teh dan kopi dalam sehari.
§  Beri jarak antara saat menyantap satu makanan ke makanan berikutnya.
§  Makanan sebaiknya disiapkan segar atau baru dimasak dan dalam porsi Se- cukupnya saja setiap kali makan. Jangan memanaskan makanan berulang kali, kecuali jika terpaksa.
§  Jangan rnakan rnakanan padat dan berat jika sedang stres, pikiran kacau, dan terburu-buru. Jika waktu terlalu sempit, makanlah sepotong dua potong buah segar sebagai pengganjal perut.
§  Hindari menu lauk-pauk berlebihan. Tubuh tidak memerlukan terlalu banyak jenis makanan sekaligus. Cukup susunan menu sederhana tetapi kualitas gizinya tinggi.
§  Jangan berlebihan dengan fastfood atau makanan instan.
§  Buat variasi berbeda pada jenis dan menu makanan sehari-hari agar tidak bosan dan tubuh tidak kelebihan dosis dan zat gizi tertentu.
§  Praktekkan Kombinasi Makanan Serasi minimal 5 kali dalam seminggu.
Keraguan mengikuti Kombinasi Makanan Serasi umumnya timbul dan anggapan yang kelinu seolah-olah kita harus sama sekali meninggalkan makanan yang sudah akrab dalam kehidupan sehari-hani. Pendapat ini tidak benar. Kombinasi Makan Serasi justru merupakan alternatif pola makan sehat yang paling fleksibel. Dengan Kombinasi Makanan Serasi Anda tidak penlu mengubah selunuh gaya hidup Anda, tidak perlu memikirkan jumlah kalori, jumlah makanan, dan jenis makanannya. Cukup diikuti pninsip-prinsip dasarnya saja dan makan dalam porsi yang sesuai dengan ukuran lambung, artinya tidak kurang dan juga tidak berlebihan.
Kombinasi Makanan Serasi tidak menuntut resep masakan spesial. Semua resep yang Anda miliki masih tetap berguna. Anda boleh makan apa saja yang Anda sukai, asalkan tetap berada dalam rambu-rambu yang sudah menjadi ketentuan, misalnya Anda tetap dapat menikmati nasi dan ayam goreng kesukaan Anda, hanya masing-masing harus disantap pada waktu makan yang berbeda. Ayam gorengnya dikombinasi dengan setup atau cah aneka lauk sayur an misalnya. Sedangican nasinya Anda santap pada waktu makan berikutnya. Dengan lauk tumis kangkung, tahu goreng, atau terong balado yang sedap dan hangat, mungkin Anda sudah tidak peduli lagi apakah ada lauk dagingnya atau tidak.
Anda juga tidak perlu khawatir jika harus menggunakan bumbu atau bahan tambahan yang termasuk dalam kelompok makanan tidak serasi selama hanya dipergunakan dalam jumlah icecil, misalnya sebutir telur untuk campuran satu resep adonan perkedel kentang atau sedikit tepung untuk mengikat adonan bola daging cincang. Sekali-sekali makan kentang goreng juga tidak akan membuat berat tubuh Anda naik seketika jika digoreng dengan minyak tak jenuh yang selalu baru. Bakmi goreng juga tidak akan menimbulkan masalah selama tidak dimakan bersama makanan tinggi protein. Ganti proteinnya dengan aneka sayuran, seperti taoge, irisan wortel, dan jamur. Gunakan ramuan bumbu menurut selera dan Anda tidak akan merasa kehilangan dengan tidak hadirnya bakso atau udang di antara bakmi.
Anda juga tidak perlu bingung jika dalam suatu kesempatan tidak ada hidangan yang dapat dikombinasikan secara serasi. Jangan terlalu kaku pada din sendiri dengan menahan lapar sementara Anda sudah benar-benar kelaparan. Program Kombinasi Makanan Serasi bisa ditunda dan dilanjutkan sampai waktu makan berikutnya. Menunda makan pada saat Anda benar-benar lapar justru akan menimbulkan problema baru, misalnya sakit maag atau tekanan gula darah turun. Jika Anda tidaic dapat menerapkan Kombinasi Makanan Serasi pada siang han, Anda bisa memulainya lagi pada petang han. Jika petang ha- rinya ternyata Anda tidak menemukan kombinasi makanan yang serasi juga, Anda bisa menundanya sampai keesokan harinya.
Sekali-kali menyantap kombinasi makanan tidak serasi, seperti nasi dengan daging, tidak akan mengganggu selama tidak dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus. Prinsip-prinsip Kombinasi Makanan Serasi dapat diikuti seluruhnya atau hanya sebagian saja, tergantung pada target Anda sendiri. Sebagian kecil pun tetap ada manfaatnya bagi kesehatan Anda.
Pedoman Praktis bagi Pemula
Bagi pemula, istilah asam-basa dalam Kombinasi Makanan Serasi mungkin membingungkan. Sebenarnya, Anda tidak harus menghafal kimiawi makanan mana yang dapat membentuk sifat asam dan mana yang dapat membentuk sifat basa. Cukup Anda ikuti diagram dan pedoman Kombinasi Makanan Serasi yang ada dalam buku ini,  Lambat laun Anda akan mengerti sendiri di mana letak perbedaannya.
Kombinasi Makanan Serasi bisa fleksibel selama Anda dapat mengatur total asupan makanan dalam satu minggu paling tidak terdiri dan 7 menu protein + sayuran, 7 menu zat pati + sayuran, dan 7 menu buah-buahan. Bagaimana pun kita harus menyesuaikan din dengan realitas kehidupan yang serba sering berubah di sekitar kita, di mana waktu dan keinginan tidak selalu bisa berjalan seiring. Disiplin yang kelewat kaku dan sempurna akan menimbulkan kebosanan, kejenuhan, dan stres, tidak hanya bagi din sendiri tetapi juga bagi orangorang di sekitar Anda.
Pola berikut ini dapat dijadikan pedoman yang mudah diikuti bagi pemula tanpa harus bersusah payah menghafal masalah asam dan basa.

Makanan Serasi dan Lingkungan
Kulit bersih, tubuh sehat dan kencang, juga pikiran jernih sangat bergantung pada kecepatan sistern tubuh Anda mengeluarkan zat-zat racun dan sisa-sisa metabolisme dari dalam tubuh, sebelum zat-zat tersebut telanjur mendahului merusak sel-sel, jaringan, organ, dan sistem tubuh Anda. Itu sebabnya mengapa Kombinasi Makanan Serasi lebih berhasil dibandingkan program-program diet lainnya.
Tahukah Anda bahwa prinsip dasar pola makan ini juga peduli lingkungan? Seperti masalah ekosistem yang sedang kita hadapi. tubuh manusia dapat diibaratkan lingkungan atau bumi. Seperti apa kiranya kondisi bumi kita di masa depan, tentunya tergantung pada perilaku manusia terhadap lingkungan pada saat ini,  Jika kita terus merusak dan mencemari bumi dengan limbah beracun, di kemudian han tentunya kita hanya akan mewariskan burnt yang gersang dan berbau busuk kepada anak dan cucu kita.
Teraturnya pola buang air tidak menjamin fungsi pernbuangan tubuh sudah efisien dan efektif kalau tubuh kita rnasih terus mernuai, masih sering sakitsakitan, atau kulit semakin kusam. Anda sudah rnengetahui bahwa sistem pencernaan mernakai energi besar dalam melakukan fungsinya. Jika kita terusmenerus memanjakan dirt dengan pola makan dan gaya hidup yang menimbulkan penumpukan sisa-sisa di dalam tubuh, suatu saat tubuh yang kita diami juga akan kehabisan energi, kering, dan busuk seperti burni yang tercemar.
Bagaimana rupa timbunan sisa-sisa yang sudah bertahun-tahun mengendap di dalam usus besar? Sama seperti sarnpah yang sudah sekian lama menumpuk dan tersumbat dalam saluran got yang marnpat: warnanya hijau kehitaman, baunya busuk menusuk, mengeluarkan gas beracun, dan mengundang parasit serta bakteri yang pasti akan mengganggu kesehatan dan lingkungan.
Jangan buang waktu dan tenaga percuma bila suara Anda terlalu kecil untuk meneriakkan masalah pencemaran di sekitar lingkungan Anda. Dengan cara membatasi produksi sarnpah di dalam tubuh Anda sendiri, berarti Anda sudah peduli pada Iirigkungan meskipun hanya dalarn skala kecil. Kepedulian pada din sendiri akan menjadi cerrnin bagi lingkungan yang lebih luas di sekitar Anda, rnulai dan keluarga, teman-teman, tetangga, dan bahkan orang-orang lain yang mungkin tidak pernah Anda kenal sebelumnya.

Kombinasi Makanan Serasi di Luar Rumah
Ada beberapa situasi yang menyebabkan Anda tidak sempat makan di rumah, misalnya karena bekerja di kantor, tidak sempat pulang pada jam makan, atau harus memenuhi undangan yang ada jamuan makannya. Berikut adalah tip yang dapat Anda lakukan jika terpaksa makan di luar rumah, tanpa harus membingungkan Anda.



Di Restoran atau Rumah Makan
§  Begitu datang biasanya kita akan ditawari minuman. Mintalah air putih dan jus buah saja, agar Anda tidak perlu makan buah lagi sehabis makan.
§  Baca dan perhatikan daftar menu dengan saksama. Jangan ragu menanyakan kepada pelayan atau pengelola restoran mengenai seperti apa masakannya, berapa besar porsinya, dan bagaimana kombinasinya.
§  Jangan buru-buru mengganti menu jika menu daging yang Anda inginkan ada kombinasi nasi atau kentang misalnya. Pilih makanan apa saja yang Anda inginkan saat itu. Jika Anda memilih hidangan daging, minta kepada pelayan untuk meniadakan kentang atau nasi, dan menggantikannya dengan ekstra sayuran. Jika Anda meminta dengan baik, mereka pasti akan senang hati melayani keinginan Anda.
§  Jika ditawarkan hidangan pembuka, pilih menu yang paling sederhana dan tidak mengenyangkan. Misalnya selada sayuran segar atau sup sayuran bening. Hindari sup-sup kental, berlemak dan makanan padat Iainnya, termasuk roti.
§  Tidak perlu memikirkan kalori hidangan utama, yang penting porsinya tidak Iebih besar daripada kapasitas perut Anda. Bagaimanapun, kesannya akan tidak sopan jika Anda meninggalkan banyak sisa di piring. Sebaliknya juga jangan sampai kurang porsinya. Sebab jika Anda tidak cukup kenyang, Anda pasti akan melahap makanan apa saja yang dapat Anda temukan begitu sampai di rumah atau di kantor. Biasakan memilih hidangan yang ada kombinasi sayurannya.
§  Apabila masih ada sedikit ruang dalam perut Anda, boleh saja Anda isi dengan hidangan penutup (dessert). Sebaiknya pilih yang porsinya kecil saja, agar Anda tidak kekenyangan dan pencernaan Anda tidak menjadi kacau sesudahnya.
Kedai Fastfood
§  Hidangan fastfood biasanya berupa burger atau ayam goreng tepung dengan kombinasi roti, nasi, kentang goreng atau kentang tumbuk, dan sayuran hanya sedikit. Beberapa kedai bahkan melengkapi paket makanan tersebut dengan 1 gelas kecil coke. Makanan ini boleh dikonsumsi sekali-sekali. Namun yang paling balk memang tetap memisahkan protein dan zat pati. Misalnya Anda ingin burger atau ayamnya, singkirkan roti. nasi. atau kentangnya. Pesan ekstra selada untuk mengimbangi asupan protein. Ganti coke-nya dengan air putih atau air jeruk. Jangan lupa minum air jeruknya sebelum makan.
Pesta Jamuan Makan
§  Jamuan pesta umumnya memakai cara prasmanan yang menghidangkan beraneka ragam lauk-pauk. Sebagian besar hidangan biasanya merupakan makanan tinggi protein dan lemak. Pilih saja satu atau dua macam makanan, kombinasikan dengan masakan sayuran dan selada kalau ada.
Jika Anda tidak menemukan kombinasi yang tepat, jangan terlalu dirisaukan. Makan saja apa yang ada dan Anda sukai. Tidak setiap han Anda terpaksa makan di pesta, bukan? Apabila menurut Anda hidangan yang sudah Anda santap terlalu berat, begitu sampal di rumah usahakan minum 1 atau 2 gelas jus sayuran segar untuk mengimbangi makanan berat tersebut. Segera kembali ke program Kombinasi Makanan Serasi pada saat makan berikutnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reproduksi Pria dan Proses Pembentukan Sperma

ANGGOTA TUBUH DAN KEGUNAANNYA

TV Sharp Sering Mati Sendiri