TV Sharp Sering Mati Sendiri



Setelah 4 tahun akhirnya TV SHARP 21" CZAR 51ZF200MSL Saya mengalami kerusakan dengan gejala-gejala yaitu :

Saat pertama kali dihidupkan TV berfungsi normal seperti tak ada kerusakan, namun setelah kira-kira 1 jam, TV tiba-tiba mati sendiri dan lampu indikator yang normalnya berwarna hijau juga ikut mati.  Untuk menghidupkan kembali TV, Saya meng-OFF-kan saklar TV, kemudian menunggu sekitar 15-30 detik, baru setelah itu Saya meng-ON-kan kembali saklar TV dan TV berfungsi normal sampai beberapa lama lalu TV tiba-tiba mati sendiri lagi.  Untuk menghidupkan kembali TV, Saya mengulangi langkah-langkah di atas.  Begitu seterusnya ... cape dech ...

Lama kelamaan interval TV mati sendirinya makin singkat hingga setiap 5 menit sekali TV mati sendiri dan Saya benar-benar KESAL.  Maka Saya langsung GOOGLE dan tak perlu menunggu lama Saya menemukan kemungkinan penyebabnya yaitu :

1. ADA SOLDERAN YANG RETAK DI  BLOK POWER SUPPLY
2. IC STR W6754 RUSAK

Maka Saya buka Case TV dan melakukan penyolderan ulang di Blok Power Supply dan Blok-Blok lainnya yang Saya duga retak.  Kemudian Saya coba menghidupkan TV dan hasilnya ... NIHIL alias tak ada PERUBAHAN berarti.  TV tetap saja masih sering mati sendiri.  Namun sekarang ada gejala tambahan yaitu kadang-kadang TV tidak langsung mati melainkan hanya Stand-By (lampu indikator berubah dari hijau menjadi merah) lalu selang 5 detik kemudian TV akan ON lagi dengan sendirinya untuk beberapa lama lalu Stand-By lagi lalu ON lagi ... lalu Stand-By lagi lalu ON lagi ... dst. 

Saya mengambil kesimpulan yaitu bagian Power Supply memang ada yang retak solderannya dan menyolder ulang adalah tindakan yang tepat namun diperlukan langkah selanjutnya.

Saya melanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu mengganti IC STR W6754.  Sebelum mengganti IC STR W6754, terlebih dahulu Saya men-SHORT-kan kedua kaki (+) dan (-) dari Elko terbesar 400v menggunakan obeng, hingga menimbulkan ledakan keras, agar Saya tidak kesetrum saat mencopot IC STR W6754.

Setelah mengganti IC STR W6754 Saya menghidupkan TV dan menunggu hingga 1 jam ... 2 jam ... 3 jam ... TV tidak mati, terus sampai 5 jam TV masih belum juga mati, akhirnya Saya menganggap TV sudah OK lalu memasang kembali Case-nya.
oleh : bagiman2610

Komentar

  1. beli IC STR W6754 dimana pak?
    igo_xxx@yahoo.com

    BalasHapus
  2. di toko elektro ada gann jangan lupa bawa str yang rusak

    BalasHapus
  3. itu harga IC STR W6754nya berapa ya gan ?

    BalasHapus
  4. maaf gan yang di short kan itu apakah kaki IC STR W6754 atau ada komponen lainkah

    BalasHapus
  5. harga str 20000 gann....yak tul yg di shortkan kaki ic stry

    BalasHapus
  6. itu copot IC NYA harus keadaan hidup ya pak??kok sampai meledak.???

    BalasHapus
  7. pake colokan soder aja untuk menetralkan tegangan pada elco

    BalasHapus
  8. tanya bos, saat menyolder ulang kira2 bagian power suply bagian mana?

    BalasHapus
  9. Brarti kalo elconya meledak harus ganti jg bos?kan tv dlm ke adaan mati bos knp kok masi nyetrom bos,mhn arahan bos?

    BalasHapus
  10. Brarti kalo elconya meledak harus ganti jg bos?kan tv dlm ke adaan mati bos knp kok masi nyetrom bos,mhn arahan bos?

    BalasHapus
  11. Powr gk naik wajar nyioan strum.klo mau ganti str strum di elco besa r di buang dlu dikosletkan pakai obeng.klo gk str bs rusak lagi begitu colok pln mak dooooor.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reproduksi Pria dan Proses Pembentukan Sperma

ANGGOTA TUBUH DAN KEGUNAANNYA