PROSES BELAJAR BIOLOGI PENTING UNTUK GURU
PROSES
BELAJAR BIOLOGI
1. Menunjukkan pemahaman konsep, fakta, metodologi, istilah, dan cara
mempresentasikan data saintifik dengan cara:
- Menjelaskan suatu istilah saintifik dengan tepat
- Menggambar suatu diagram
- Mengurutkan suatu peristiwa
saintifik
- Mengukur suatu material
- Menyebutkan suatu istilah
saintifik
2. Mengaplikasikan dan menggunakan
fakta, konsep, metodologi, istilah saintifik untuk berkomunikasi secara
efektif, metodologi yang sesuai untuk mempresentasikan informasi saintifik
dengan cara:
- Memberikan keterangan singkat pada suatu diagram atau grafik
- Mengapliksikan teori, persamaan dan prinsip-prinsip dasar pada situasi
yang baru
- Menggunakan tehnik matematika untuk menjawab suatu pertanyaan
- Membandingkan persamaan dan perbedaan dari suatu benda atau keadaan
- Memberikan informasi secara
detail
- Menjelaskan perbedaan antara
dua atau lebih benda atau keadaan
- Menaksir suatu nilai yang tidak
diketahui berdasarkan informasi yang diberikan dan latar belakang teori
- Memberi jawaban berdasarkan
berbagai macam pilihan situasi atau keadaan
- Menjelaskan secara singkat
3. Menyusun, menganalisa, dan
mengevaluasi hipotesa, metodologi, dan penjelasan saintifik dengan cara:
- Menginterpretasikan data untuk
mencapai suatu kesimpulan
- Membuat suatu grafik
- Membuat suatu kesimpulan berdasarkan informasi yang diberikan
- Memanipulasi persamaan matematika untuk menghasilkan persamaan yang
baru
- Membuat rencana eksperimen atau
model saintifik
- Menentukan jawaban yang benar
- Memberikan argument atau
alternative hipotesa
- Menganalisa implikasi dan kekurangan suatu eksperimen
- Memberi penjelasan secara detail, yang termasuk sebab akibat dan
mekanisme suatu kondisi
- Memprediksi hasil suatu
eksperimen
- Menjawab pertanyaan dengan
menggunakan tehnik aljabar dan angka
- Menawarkan suatu hipotesa atau kemungkinan lain
4. Kolaborasi: dapat bekerja sama dengan orang lain
- Menghargai pendapat kawan
- Dapat memberi petunjuk bila
diperlukan
- Mengemukakan pendapat dengan
sopan
- Sabar
- Mau menerima perbedaan pendapat
Ditambah
dengan:
- Mendiskusikan dan menganalisis data dari jurnal penelitian atau
informasi lainnya mengenai isu-isu global yang berhubungan dengan biologi
- Mengkomunikasikan hasil penelitian atau proyek.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Strategi
pembelajaran Biologi di SMP/SMA didasarkan pada pengembangan
konsep-konsep dasar di bawah ini, yaitu:
A.
Pembelajaran yang menyeluruh
- Implikasi dari konsep
“Pembelajaran yang menyeluruh” adalah para guru sains diharapkan untuk:
- Dapat bekerja sama dengan
sesama guru, baik di bidang sains maupun dari bidang lainnya
- Memberikan kesempatan mengintegrasikan
topik yang diajarkan dalam segala cabang sains dengan mata pelajaran
lainnya
- Memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk dapat menghargai kontribusi yang telah diberikan oleh
sains terhadap kehidupan dan kualitas hidup manusia
B. Kesadaran
interkultural
- Sains memberikan kontribusi
dalam pengembangan kesadaran interkultural dengan memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengeksplorasi isu-isu sains, baik lokal maupun
global.
- Dengan memberi kesempatan
peserta didik untuk mengekplorasi topik-topik secara kritis, melalui
perspektif global dan multikultural, diharapkan dapat menumbuhkan rasa
toleransi, saling menghormati, dan empati.
- Selain itu, peserta didik juga
mendapatkan kesempatan untuk merefleksikan peran dan tanggung jawab mereka
terhadap lingkungan mereka dan dunia.
C.
Komunikasi
- Sains memfokuskan kepada
pentingnya pengembangan kemampuan untuk memahami dan mengkomunikasikan
pemikiran-pemikiran saintifik secara efektif.
- Untuk mengembangkan kemampuan
berkomunikasi, peserta didik harus diberikan kesempatan untuk membaca,
menulis, dan mendiskusikan masalah-masalah yang berhubungan dengan sains.
- Peserta didik harus diberi
kesempatan untuk menggunakan bermacam-macam cara/metode komunikasi, yaitu
secara oral atau tertulis, secara visual, simbol matematika dan multimedia
Komentar
Posting Komentar