GURU & PENDIDIKAN
Kata Kerja Kompetensi Indikator
Indikator merupakan penanda pencapaian Kompetensi
Dasar, KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup
sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan
karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah
dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat
diobservasi.
Dalam mengembangkan indikator perlu mempertimbangkan:
- tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja
yang digunakan dalam KD;
- karakteristik mata pelajaran,
- peserta didik, dan sekolah;
-
potensi dan
kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan lingkungan/ daerah
Berikut adalah kata kerja operasional dengan tiga
ranah yang biasa dipergunakan untuk melengkapi, memperbaikai kata kerja operasional ataupun menyusun indikator hasil belajar dan indikator penilaian.
Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan
kesinambungan kompetensi.
Ranah
Kognitif
|
|||||
Pengetahuan (C1)
|
Pemahaman
(2)
|
Penerapan
(C3)
|
Analisis
(C4)
|
Sintesis
(C5)
|
Penilaian
(C6)
|
Mengutip
|
Menambah
|
Memerlukan
|
Menganalisis
|
Mengabstraksi
|
Mempertimbangkan
|
Menyebutkan
|
Memperkirakan
|
Menyesuaikan
|
Mengaudit/memeriksa
|
Menganimasi
|
Menilai
|
Menjelaskan
|
Menjelaskan
|
Mengalokasikan
|
Membuat blueprint
|
Mengatur
|
Membandingkan
|
Menggambar
|
Mengkategorikan
|
Mengurutkan
|
Membuat garis
besar
|
Mengumpulkan
|
Menyimpulkan
|
Membilang
|
Mencirikan
|
Menerapkan
|
Memecahkan
|
Mendanai
|
Mengkontraskan
|
Mengidentifikasi
|
Merinci
|
Menentukan
|
Mengkarakteristikkan
|
Mengkategorikan
|
Mengarahkan
|
Mendaftar
|
Mengasosiasikan
|
Menugaskan
|
Membuat dasar
penge-lompokkan
|
Mengkode
|
Mengkritik
|
Menunjukkan
|
Membandingkan
|
Memperoleh
|
Merasionalkan
|
Mengkombinasikan
|
Menimbang
|
Memberi label
|
Menghitung
|
Mencegah
|
Menegaskan
|
Menyusun
|
Mempertahankan
|
Membuat index
|
Mengkontraskan
|
Mencanagkan
|
Membuat dasar
peng-kontras
|
Mengarang
|
Memutuskan
|
Memasangkan
|
Mengubah
|
Mengkalkulasi
|
Mengkorelasikan
|
Membangun
|
Memisahkan
|
Menemutunjukkan
|
Mempertahankan
|
Menangkap
|
Mendeteksi
|
Menanggulangi
|
Memprediksi
|
Menamai
|
Menguraikan
|
Memodifikasi
|
Mendiagnosis
|
Menghubungkan
|
menilai
|
Membuat
kerangka
|
Menjalin
|
Mengklasifikasikan
|
Mendiagramkan
|
Menciptakan
|
Memperjelas
|
Menandai
|
Membedakan
|
Melengkapi
|
Mendiversifikasikan
|
Mengkreasikan
|
Merangking
|
Membaca
|
Mendiskusikan
|
Menghitung
|
Menyeleksi
|
Mengkoreksi
|
Menugaskan
|
Menyadari
|
Mengunggulkan
|
Membangun
|
Memerinci ke
bagaian-bagian
|
Memotret
|
Menafsirkan
|
Menghapal
|
Menggali
|
Membiasakan
|
Menominasikan
|
Merancang
|
Memberi
pertimba-ngan
|
Meniru
|
Mengira
|
Mendemonstrasikan
|
Mendokumentasikan
|
Mengembangkan
|
Membenarkan
|
Mencatat
|
Mencontohkan
|
Menurunkan
|
Menjamin
|
Merencanakan
|
Mengukur
|
Mengulang
|
menerangkan
|
Menentukan
|
Menguji
|
Mendikte
|
Memproyeksi
|
Mereproduksi
|
Mengemukakan
|
Menemukan
|
Mencerahkan
|
Meningkatkan
|
Memerinci
|
Meninjau
|
Memperluas
|
Menggambarkan
|
Menjelajah
|
Memperjelas
|
Menggradasi
|
Memilih
|
Mempolakan
|
Menemukan
kembali
|
Membagankan
|
Memfasilitasi
|
Merentangkan
|
Menyatakan
|
Memfaktorkan
|
Membagankan
|
Memfile
|
Membentuk
|
Merekomendasikan
|
Mempelajari
|
Menggeneralisasikan
|
Menggunakan
|
Membuat
kelompok
|
Merumuskan
|
Melepaskan
|
Mentabulasi
|
Memberikan
|
Menilai
|
Mengidentifikasi
|
Menggeneralisasi
|
Memilih
|
Memberi kode
|
Menmyimpulkan
|
Melatih
|
Mengilustrasikan
|
Menumbuhkan
|
Merangkum
|
Menelusuri
|
Berinteraksi
|
Menggali
|
Menyimpulkan
|
Menangani
|
Mendukung
|
Menulis
|
Mengumpulkan
|
Membuka
|
Menginterupsi
|
Mengirim
|
Mengetes
|
Memaknai
|
Mengemukakan
|
Menemukan
|
Memperbaiki
|
Memvalidasi
|
|
Mengamati
|
Membuat faktor
|
Menelaah
|
Menggabungkan
|
Membuktikan kembali
|
|
Merumuskan
kembali
|
Membuat gambar
|
Menata
|
Memadukan
|
||
Menggrafikkan
|
Membuat grafik
|
Mengelola
|
Membatasi
|
||
Meramalkan
|
Menangani
|
Memaksimalkan
|
Menggabungkan
|
||
Memperbaiki
|
Mengilustrasikan
|
Meninimalkan
|
Mengajar
|
||
Menulis kembali
|
Mengadaptasi
|
Mengoptimalkan
|
Membuat model
|
||
Membuat
abstraksi
|
Menyelidiki
|
Memerintahkan
|
Mengimprovisasi
|
||
Merangkum
|
Memanipulasi
|
Menggarisbesarkan
|
Membuat
jaringan
|
||
Menjabarkan
|
Mempercantik
|
Memberi
tanda/kode
|
Mengorganisasikan
|
||
Mengkomunikasikan
secara visual
|
Mengoperasikan
|
Memprioritaskan
|
Mensketsa
|
||
Mempersoalkan
|
Mengedit
|
Mereparasi
|
|||
Mengkonsepkan
|
Menanyakan
|
Merencanakan
|
|||
Melaksanakan
|
Mengaitkan
|
Menampilkan
|
|||
Meramalkan
|
Memilih
|
Menyiapkan
|
|||
Menyiapkan
|
Memilah
|
Meresepkan
|
|||
Memberi harga
|
Mengukur
|
Memproduksi
|
|||
Memproses
|
Membagi ulang
|
Membuat program
|
|||
Memproduksi
|
Melatih
|
Menata ulang
|
|||
Memproyeksikan
|
Mentransfer
|
Merekonstruksi
|
|||
Melindungi
|
Mencari
referensi
|
||||
Menyediakan
|
Menggunakan
refe-rensi
|
||||
Mengakitkan
|
Mereferensikan
|
||||
Melingkari
|
Memperbaiki
|
||||
Menyusun
|
Menuliskan
kembali
|
||||
Mempertunjukkan
|
Menspesifikasikan
|
||||
Mensimulasikan
|
Merangkum
|
||||
Mensketsakan
|
Mengkomposisikan
|
||||
Memecahkan
|
|||||
Melanggankan
|
|||||
Mentabulasi
|
|||||
Membuat
transkrip
|
|||||
Menterjemahkan
|
|||||
Melakukan
|
Ranah
Psikomotor
|
|||
Menirukan
(P1)
|
Memanipulasi
(P2)
|
Pengalamiahan
(P3)
|
Artikulasi
(P4)
|
Mengaktifkan
|
Mengoreksi
|
Melonggrakan
|
Mengalihkan
|
Menyesuaikan
|
Mengkreasikan
|
Membuat
|
Memecahkan
masalah
|
Menggabungkan
|
Mendemonstrasikan
|
Memanipulasi
|
Menempel
|
Melamar
|
Merancang
|
Mereparasi
|
Memadankan
|
Mengatur
|
Memilah
|
Mencampur
|
Menjeniskan
|
Mengumpulkan
|
Melatih
|
Memmaku
|
Menjahit
|
Menimbang
|
Mengencangkan
|
Mengoperasikan
|
Mempertajam
|
Memperkecil
|
Memperbaiki
|
Menjalankan
|
Membentuk
|
Membangun
|
Mengikuti
|
Menekan
|
Mensketsa
|
Mengkalibrasi
|
Menggiling
|
Memproduksi
|
Memulai
|
Mengubah
|
Memegang
|
Menarik
|
Menyetir
|
Membersihkan
|
Memalu
|
Mendorong
|
Menggunakan
|
Menutup
|
Memanaskan
|
Memindahkan
|
Menimbang
|
Mengkombinasikan
|
Menggantung
|
Memperbaiki
|
Membungkus
|
Memposisikan
|
Mengidentifikasikan
|
Menggantikan
|
Mengemas
|
Menyambungkan
|
Mengisi
|
Memutar
|
|
Mengkonstruksi
|
Menempatkan
|
Menggirim
|
RANAH AFEKTIF
|
||||
Menerima
(A1)
|
Menanggapi
(A2)
|
Bekerja sama
(A3)
|
Menganut
(A4)
|
Menghayati
(A5)
|
Mempertanyakan
|
Bertanggungjawab
|
Mengasumsikan
tanggung-jawab
|
Mengubah
|
Bertindak
|
Memilih
|
Membantu
|
Meyakini
|
Menata
|
Mengubah
perilaku
|
Mengikuti
|
Mengajukan
|
Melengkapi
|
Mengklasifikasikan
|
Berakhlak mulia
|
Memberi
|
Mengkompromikan
|
Meyakinkan
|
Mengkombinasikan
|
Berfilosofi
|
Menganut
|
Menyenangi
|
Memperjelas
|
Mempertahankan
|
Mempengaruhi
|
Mematuhi
|
Menyambut
|
Membedakan
|
Membangun
|
Menimbang
masalah
|
Meminati
|
Mendukung
|
beriman
|
Membentuk
pendapat
|
Mendengarkan
|
Menyetujui
|
Memprakarsai
|
Menunjukkan
dengan
|
Mengajukan
usulan
|
|
Menampilkan
|
Mengundang
|
memadukan
|
Mengkualifikasi
|
|
Melaksanakan
|
Menggabungkan
|
Mengelola
|
Mempertanyakan
|
|
Menampilkan
|
Memperjelas
|
Menimbang
alternatif
|
Melayani
|
|
Melaporkan
|
Berperanserta
|
Menegosiasi
|
Menunjukkan
kematang-an/kedewasaan
|
|
Memilih
|
Mengusulkan
|
Berembuk
|
Memecahkan
|
|
Mengatakan
|
Menekankan
|
Bersilang
pendapat
|
Membuktikan
kembali
|
|
Membuat
pertanyaan
|
Berbagi
|
|||
Memilah
|
Menyumbang
|
|||
Menolak
|
Bekerjakeras
|
Komentar
Posting Komentar